Merayakan Kemerdekaan Bersama Anak Anak Purwosari

20988468_268902670290204_6824402041058878479_o

Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun, Yayasan Kakak ( Kepedulian Untuk Anak Surakarta)  mengadakan lomba disekitar lingkungan kantor yakni di Kelurahan Purwosari tanggal 16 Agustus 2017 kemarin. Lomba yang ditujukan untuk anak-anak TK, SD, dan SMP ini merupakan salah satu bentuk kebahagiaan bersama dalam merayakan Dirgahayu Republik Indonesia.

Sore sekitar pukul 15.30 WIB Saya dan Kak Intan memulai acara dengan mengabsen anak-anak yang sudah mendaftarkan diri mereka jauh-jauh hari. Terlihat keceriaan mereka dan semangat mereka untuk mengikuti lomba. Beberapa masih malu-malu mendekat namun kami sapa agar lebih akrab.

Acara selanjutnya dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan melakukan pemanasan sekaligus untuk mengakrabkan. Pemanasan yang dimaksud adalah “Cermin Bergerak”, pemanasan ini bertujuan untuk membakar semangat anak-anak Purwosari dalam menyambut kemerdekaan Indonesia. Dalam pemanasan “Cermin Bergerak” tersebut anak-anak akan menirukan gerakan teman yang ditunjuk didepan, selanjutnya diikuti semua anak-anak, keberanian dan percaya diri ditanamkan dalam pemanasan ini.

Menginjak acara selanjutnya yakni permainan atau lomba yang pertama “ Bola Ceria” . Permainan Bola Ceria dipandu oleh Kak Intan yang pesertanya anak-anak usia 5 sampai 7 tahun. Permainan Bola Ceria ini mengajarkan anak-anak untuk jujur, sabar dan fokus karena bola yang peserta pindahkan haruslah satu per satu. setelah selesai, kami mendapatkan 3 orang pemenang yang nanti di akhir acara akan langsung diberikan hadiah oleh Kak Shoim.

Permainan kedua tidak kalah seru yakni Bendera Kemenangan, permainan ini ditujukan untuk anak-anak usia 8 sampai 11 tahun yang dipandu oleh Kak Nung. Permainan ini berbeda dengan permainan yang pertama, pada permainan yang kedua ini bukanlah permainan individu melainkan permainan team. Hal ini bertujuan untuk saling bekerja sama, berbagi tugas, cekatan dengan temannya dalam memenangkan permainan, selain itu kejelian dalam mengambil barang yang tertulis dalam bendera.

Untuk permainan yang ketiga, akan dimainkan oleh anak-anak usia 12 sampai 15 tahun dan nama permainan ini disebut Jembatan Kemerdekaan yang dipandu oleh saya. Dalam permainan ketiga ini masih seperti permainan kedua yakni team, tetapi anak-anak disini diajarkan untuk konsentrasi, jujur, dan cekatan dalam mengatur strategi.

Setelah semuanya selesai dan mendapatkan pemenang di masing-masing usia, satu persatu anak-anak diberikan hadiah. Semoga dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia ini anak-anak terus tersenyum dan semangat untuk menggapai kemenangan atau cita-citanya. Kami Yayasan Kakak dan anak-anak Purwosari mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72 tahun, merdeka untuk anak-anak Indonesia! (Yudha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>