Ceria bersama Anak

Yayasan KAKAK pada bulan Januari 2024 ini, menerima 12 mahasiswa magang belajar dari 3 Universitas yaitu 3 orang Fakultas Sosiologi, 3 orang dari Fakultas Komunikasi Terapan UNS, 1 orang Fakultas Management Ekonomi dan Bisnis UNNES dan 5 dari Fakultas Hukum UNISRI.

Pada awal kegiatan, peserta magang diajak belajar bersama mengenal Yayasan KAKAK. kapan berdirinya, VISI MISI, latar belakang dan kegiatan yang dilakukan. Setelahnya, belajar tentang hak anak, mengenal Kekerasan dan eksploitasi seksual, Pengasuhan anak, Keberagaman dan Perlindungan Anak sebagai Konsumen.

Pada akhir magang, peserta diberi tugas untuk membuat karya sebagai upaya Pencegahan kepada anak-anak disekitar lingkungan Yayasan KAKAK.

Pada hari Jum’at, 2 Februari 2024. peserta magang mengundang 26 anak untuk belajar bersama mengenal hak anak. mereka berusia 10 – 12 tahun (kelas 4 – 6 SD). Konsep kegiatan ini, ada 4 pos yang akan mengajak anak untuk mengenal lebih dalam tentang hak anak. pos 1 akan membahas tentang hak hidup yaitu dengan menggunakan spiner angka, setiap angka ada pertanyaan yang akan dijawab anak-anak. diakhir sessi akan ada penjelasan dan bintang yang akan diberikan kepada anak yang sudah aktif dalam kegiatan ini.

Pos 2, akan memperdalam tentang Hak Tumbuh Kembang, dengan menggunakan cara cerdas cermat. yaitu dengan menjawab pertanyaan yang diajukan. peserta yang banyak menjawab akan mendapat bintang.

pos 3, memperdalam tentang hak Perlindungan dengan mengenal bentuk kekerasan. metode yang dipakai dengan pernyataan setuju dan tidak setuju. peserta yang banyaj menjawab akan mendapat bintang.

pos 4, memperdalam tentang Hak partaisipasi, yaitu dengan memberikan ruang untuk bereskpresi. disini anak juga diajak mengenal komunikasi asertif.

di akhir sessi, anak anak diajak menghitung bintang yang sudah didapat. anak yang mendapatkan paling banyak mendapatkan hadiah yang sudah disediakan. anak anak juga diajak mengingat kembali tentang apasaja yang sudah dipelajari hari ini, yaitu mengenal hak anak dan perlindungan dari kekerasan, apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari kekerasan dan perlunya berbicara ketika mendapatkan sesuatu yang tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *